Konsumen Indonesia khawatir kondisi
ekonomi dan politik di 2014
Merdeka.com - Nielsen Global Survey of
Consumer Confidence and Spending Intentions mendapati fakta, konsumen Indonesia
khawatir akan kondisi stabilitas ekonomi dan politik tahun depan. Wajar saja
mengingat tahun depan merupakan tahun politik, pergantian presiden dan wakil
presiden serta pemilihan anggota DPR hingga DPRD.
Kekhawatiran akan keadaan ekonomi menjadi urutan
teratas. Tingkat kekhawatirannya mencapai 43 persen. Sedangkan kekhawatiran
akan stabilitas politik sekitar 14 persen.
"Kita dapat melihat kekhawatiran mengenai
stabilitas politik meningkat, di mana sangat mungkin hal tersebut merupakan
respons atas semakin dekatnya pemilihan presiden tahun depan," ujar
Managing Director Nielsen Indonesia Catherine Eddy dalam keterangan tertulis
yang diterima merdeka.com, Sabtu (2/11).
Konsumen Indonesia justru tidak lagi khawatir
akan dampak dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti yang terjadi
pada kuartal pertama dan kedua.
"Pada kuartal sebelumnya, Peningkatan Harga
Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi kekhawatiran utama di mana 28 persen konsumen
menyatakan bahwa hal tersebut menjadi kekhawatiran terbesar pertama dan
kedua," ucapnya.
Menurut Catherine, pada kuartal III 2013,
peningkatan harga BBM tidak termasuk dalam peringkat lima teratas kekhawatiran
utama bagi konsumen di Indonesia.
Catherine menyimpulkan, konsumen Indonesia
memiliki ketahanan yang tinggi dalam menghadapi tantangan dan cepat beradaptasi
dengan situasi. "Setelah beberapa bulan kita tidak lagi melihat
peningkatan harga BBM sebagai kekhawatiran utama," paparnya.
Analisis:
Konsumen Indonesia justru tidak
lagi khawatir akan dampak dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti
yang terjadi pada kuartal pertama dan kedua. Justru konsumen Indonesia khawatir
akan kondisi stabilitas ekonomi dan politik tahun depan. Wajar saja mengingat
tahun depan merupakan tahun politik, pergantian presiden dan wakil presiden
serta pemilihan anggota DPR hingga DPRD. Bahkan kekhawatiran akan keadaan
ekonomi menjadi urutan teratas. Tetapi konsumen Indonesia memiliki ketahanan
yang tinggi dalam menghadapi tantangan dan cepat beradaptasi dengan situasi.
http://www.merdeka.com/uang/konsumen-indonesia-khawatir-kondisi-ekonomi-dan-politik-di-2014.html
Dikutip tanggal : 02-11-2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar