1. Peper tentang McDonald's Corporation NYSE
McDonald's
Corporation NYSE: MCD
(di Indonesia terkenal dengan sebutan McD, dibaca Mek-di) adalah
rangkaian rumah makan siap saji terbesar di dunia.
Hidangan utama di restoran-restoran McDonald's adalah hamburger,
namun mereka juga menyajikan minuman
ringan, kentang goreng, filet ayam dan
hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Restoran
McDonald's pertama didirikan pada tahun 1940 oleh dua bersaudara Dick dan Mac
McDonald, namun kemudian dibeli oleh Ray
Kroc dan diperluas ke seluruh dunia. Sampai pada tahun 2004, McDonald's
memiliki 30.000 rumah makan di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung rata-rata
50.000.000 orang dan pengunjung per hari dan rumah makan 1.700 orang.
Restoran McDonald's pertama di Indonesia terletak
di Sarinah, Jakarta dan dibuka pada 23 Februari 1991. Berbeda dari
kebanyakan restoran McDonald's di luar negeri, McDonald's juga menjual ayam
goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia. Pada 1 Oktober 2009
McDonald's berubah menjadi Tony Jack's Indonesia tetapi tidak seluruh gerai
McDonald's. Terdapat 13 gerai McDonald’s milik Bambang Rachmadi yang berubah
antara lain berlokasi di Sarinah (Thamrin), Melawai Plaza, Blok M Plaza, Arion, Kelapa Gading, Sunter, Bandung Indah Plaza, Tunjungan Plaza, Bandara
Soekarno-Hatta, ITC Mangga Dua, Citra Land, Gajah Mada Plaza, dan Kebon Jeruk. Tak lama kemudian, pada tahun 2010 Tony Jack's Indonesia bangkrut dan
diambil ahli oleh McDonald's.
Bisnis perusahaan ini dimulai di tahun 1940 dengan
dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California.
Mereka memperkenalkan "Speedee Service System" pada tahun 1948, yang
kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji moderen. Maskot awal
McDonald's, yang bernama Speede, adalah seorang pria dengan kepala berbentuk
hamburger yang menggunakan topi koki. Speede kemudian digantikan oleh Ronald
McDonald di tahun 1963.
McDonald's saat ini tidak menjadikan tahun 1940
sebagai tahun kelahiran restoran McDonald's. Mereka memilih 15 April 1955,
ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac di Des Plaines, Illinois,
sebagai hari kelahirannya. Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's
bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Saham
McDonald's mulai dijual kepada publik tahun 1965..
Sifat agresif yang dimiliki Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara. Kroc dan McDonald bersaudara bertikai untuk mengontrol bisnis ini, namun akhirnya McDonald bersaudara lah yang pergi meninggalkan perusahaan. Pertikaian ini didokumentasikan baik dalam otobiografi Kroc maupun otobiografi McDonald bersaudara. Situs di mana McDonald bersaudara pertama kali mendirikan restoran kini dijadikan monument, Dengan ekspansi agresifnya ke seluruh penjuru dunia, McDonald's dijadikan sebagai simbol globalisasi dan penyebar gaya hidup orang Amerika.
Lambang McDonald's adalah dua busur berwarna kuning yang biasanya dipajang di luar rumah-rumah makan mereka dan dapat segera dikenali oleh masyarakat luas.
Ronald McDonald adalah tokoh badut maskot utama restoran cepat saji McDonald's. Dalam iklan televisi, badut ini tinggal di dunia fantasi bernama McDonaldland, tempatnya bertualang bersama teman-temannya Mayor McCheese, the Hamburglar, Grimace, Birdie the Early Bird, dan The Fry Kids. Namun belakangan ini, McDonaldland sebagian besar sudah tidak dipakai lagi. Ronald lebih sering digambarkan bermain bersama anak-anak di dunia nyata.
Pekerjaan sebagai badut Ronald McDonald banyak dilakukan orang sebagai mata pencaharian tetap. Mereka mengenakan kostum Ronald McDonald, dan mengunjungi anak-anak di rumah sakit. Ada pula penginapan Ronald McDonald House, tempat orang tua dapat menginap ketika harus menjagai anak yang sedang dirawat di rumah sakit.
Model tokoh Ronald McDonald berawal dari seorang penyiar radio lokal bernama Willard Scott. Ia juga memerankan tokoh Badut Bozo di televisi WRC-TV, Washington, D.C. dari tahun 1959 hingga 1962. Willard Scott tampil pada tahun 1963 dengan nama panggung "Ronald McDonald, the Hamburger-Happy Clown" dalam tiga iklan televisi yang berbeda. Ketiga iklan tersebut merupakan iklan televisi pertama yang menampilkan tokoh Ronald McDonald.
Scott nantinya menjadi penyiar cuaca di program berita Today di NBC-TV, dan mengaku sebagai "pencipta tokoh Ronald McDonald" menurut buku Joy of Living yang ditulisnya, “Pada waktu itu, Badut Bozo adalah acara anak-anak paling populer di televisi. Anda mungkin saja menggunakan Pluto atau Dumbo, dan keduanya mungkin sama suksesnya. Namun aku yang dipakai, dan aku adalah Bozo
Ada sesuatu di balik kombinasi hamburger dan Bozo yang membuat anak-anak terpikat. Itulah alasannya ketika beberapa tahun kemudian Bozo berhenti ditayangkan, orang-orang McDonald's setempat memintaku untuk membuat karakter baru sebagai pengganti Bozo. Begitulah, aku duduk dan menciptakan tokoh Ronald McDonald”
George Voorhis adalah aktor seni pertunjukan Amerika Serikat dari akhir abad ke-20 yang sering berperan sebagai badut. Ia mengaku sebagai Ronald McDonald yang "asli". Kliping surat kabar lokal Valley News (surat kabar San Fernando Valley) mengenali George Voorhis sebagai "Ronald McDonald" di "restoran McDonald's setempat". Menurut pengakuan George Voorhis dan Terry Teene, mereka berdua pada awal tahun 1963, menciptakan tokoh asli dan mendesain badut Ronald McDonald yang telah menjadi ikon periklanan Amerika Serikat. Keduanya juga merancang kostum yang dilengkapi kantong "French-fry bag pockets" dan gambar raut muka Ronald McDonald untuk sebuah penampilan yang dibayar di restoran lokal McDonald's di Los Angeles, California.
McDonald's tidak menyebut soal Voorhis atau klaim Willard Scott "menciptakan Ronald" dalam pernyataan berikut, “Senyumnya dikenal di seluruh dunia", Ronald McDonald berada di urutan kedua setelah Sinterklas dalam soal dikenali [anak-anak]. (Menurut sebuah survei, 96% dari semua anak-anak sekolah di Amerika Serikat mengenali Ronald (stunning-stuff.com)). Dalam iklan televisi pertama McDonald's pada tahun 1963, badut gembira tersebut memang diperankan oleh Willard Scott”.
Selanjutnya pada 28 Maret 2000, Henry Gonzalez, Presiden Divisi Northeast McDonald's berterima kasih kepada Scott untuk jasanya menciptakan tokoh Ronald McDonald dalam tribut yang direkam untuk Scott dalam acara Today Show.
2. Keuntungan dari usaha
franchise bagi pemilik
1. Tidak perlu memikirkan konsep bisnie, karnakKonsep bisnisnya sudah jelas dan dibantu dengan adanya Pelatihan
sehingga bisnis berjalan sesuai dengan konsep atau sesaui dengan produk utama.
2. Hanya Menjalankan konsep bisnis yang sudah jalan dan dikenal oleh masyarakat
3. Kontrol bisnis sudah dibantu oleh system
4. Bisa konsultasi dengan penyedia waralaba setiap kendala yang diahadapi
di lapangan
5. Tidak perlu memikirkan bagaimana mengembangkan bisnis karna pengembangan bisnis sudah dipikirkan
juga oleh penyedia waralaba
3. Dampak positif dan negative dari
perusahaan bagi perkembangan ekonomi Indonesia
Dampak yang ditimbulkan juga bermacam-macam, namun yang pasti dampak yang
muncul yaitu dampak positif & dampak negatif. Dampak positifnya masyarakat
lebih dipermudah untuk berbelanja segala keperluannya dengan harga yang
terjangkau dengan jarak yang dekat & bisa menambah lowongan pekerjaan baru
bagi wagra sekitar. Namun dampak negatifnya banyak para pedagang kecil yang
"gulung tikar" karena usahanya tidak laku akibat dari kalah bersaing
dengan perusahaan waralaba tersebut. Namun demikian semua hal itu kembalikan
pada diri kita masing-masing, karena pada akhirnya hanya mereka yang
"berkantong tebal" yang bisa memenangkan kasus ini & masyarakat
yang lemah akan selalu menjadi korbannya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar