Ikan

Selasa, 15 November 2011

Tulisan 2

1. Peper tentang McDonald's Corporation NYSE
 
McDonald's Corporation NYSE: MCD (di Indonesia terkenal dengan sebutan McD, dibaca Mek-di) adalah rangkaian rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran-restoran McDonald's adalah hamburger, namun mereka juga menyajikan minuman ringan, kentang goreng, filet ayam dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Restoran McDonald's pertama didirikan pada tahun 1940 oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald, namun kemudian dibeli oleh Ray Kroc dan diperluas ke seluruh dunia. Sampai pada tahun 2004, McDonald's memiliki 30.000 rumah makan di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung rata-rata 50.000.000 orang dan pengunjung per hari dan rumah makan 1.700 orang.

Restoran McDonald's pertama di Indonesia terletak di Sarinah, Jakarta dan dibuka pada 23 Februari 1991. Berbeda dari kebanyakan restoran McDonald's di luar negeri, McDonald's juga menjual ayam goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia. Pada 1 Oktober 2009 McDonald's berubah menjadi Tony Jack's Indonesia tetapi tidak seluruh gerai McDonald's. Terdapat 13 gerai McDonald’s milik Bambang Rachmadi yang berubah antara lain berlokasi di Sarinah (Thamrin), Melawai Plaza, Blok M Plaza, Arion, Kelapa Gading, Sunter, Bandung Indah Plaza, Tunjungan Plaza, Bandara Soekarno-Hatta, ITC Mangga Dua, Citra Land, Gajah Mada Plaza, dan Kebon Jeruk. Tak lama kemudian, pada tahun 2010 Tony Jack's Indonesia bangkrut dan diambil ahli oleh McDonald's.

Bisnis perusahaan ini dimulai di tahun 1940 dengan dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California. Mereka memperkenalkan "Speedee Service System" pada tahun 1948, yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji moderen. Maskot awal McDonald's, yang bernama Speede, adalah seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi koki. Speede kemudian digantikan oleh Ronald McDonald di tahun 1963.

McDonald's saat ini tidak menjadikan tahun 1940 sebagai tahun kelahiran restoran McDonald's. Mereka memilih 15 April 1955, ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac di Des Plaines, Illinois, sebagai hari kelahirannya. Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Saham McDonald's mulai dijual kepada publik tahun 1965..

Sifat agresif yang dimiliki Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara. Kroc dan McDonald bersaudara bertikai untuk mengontrol bisnis ini, namun akhirnya McDonald bersaudara lah yang pergi meninggalkan perusahaan. Pertikaian ini didokumentasikan baik dalam otobiografi Kroc maupun otobiografi McDonald bersaudara. Situs di mana McDonald bersaudara pertama kali mendirikan restoran kini dijadikan monument, Dengan ekspansi agresifnya ke seluruh penjuru dunia, McDonald's dijadikan sebagai simbol globalisasi dan penyebar gaya hidup orang Amerika.

Lambang McDonald's adalah dua busur berwarna kuning yang biasanya dipajang di luar rumah-rumah makan mereka dan dapat segera dikenali oleh masyarakat luas.

Ronald McDonald adalah tokoh badut maskot utama restoran cepat saji McDonald's. Dalam iklan televisi, badut ini tinggal di dunia fantasi bernama McDonaldland, tempatnya bertualang bersama teman-temannya Mayor McCheese, the Hamburglar, Grimace, Birdie the Early Bird, dan The Fry Kids. Namun belakangan ini, McDonaldland sebagian besar sudah tidak dipakai lagi. Ronald lebih sering digambarkan bermain bersama anak-anak di dunia nyata.


Pekerjaan sebagai badut Ronald McDonald banyak dilakukan orang sebagai mata pencaharian tetap. Mereka mengenakan kostum Ronald McDonald, dan mengunjungi anak-anak di rumah sakit. Ada pula penginapan Ronald McDonald House, tempat orang tua dapat menginap ketika harus menjagai anak yang sedang dirawat di rumah sakit.


Model tokoh Ronald McDonald berawal dari seorang penyiar radio lokal bernama Willard Scott. Ia juga memerankan tokoh Badut Bozo di televisi WRC-TV, Washington, D.C. dari tahun 1959 hingga 1962. Willard Scott tampil pada tahun 1963 dengan nama panggung "Ronald McDonald, the Hamburger-Happy Clown" dalam tiga iklan televisi yang berbeda. Ketiga iklan tersebut merupakan iklan televisi pertama yang menampilkan tokoh Ronald McDonald.


Scott nantinya menjadi penyiar cuaca di program berita Today di NBC-TV, dan mengaku sebagai "pencipta tokoh Ronald McDonald" menurut buku Joy of Living yang ditulisnya, “Pada waktu itu, Badut Bozo adalah acara anak-anak paling populer di televisi. Anda mungkin saja menggunakan Pluto atau Dumbo, dan keduanya mungkin sama suksesnya. Namun aku yang dipakai, dan aku adalah Bozo


Ada sesuatu di balik kombinasi hamburger dan Bozo yang membuat anak-anak terpikat. Itulah alasannya ketika beberapa tahun kemudian Bozo berhenti ditayangkan, orang-orang McDonald's setempat memintaku untuk membuat karakter baru sebagai pengganti Bozo. Begitulah, aku duduk dan menciptakan tokoh Ronald McDonald”

George Voorhis adalah aktor seni pertunjukan Amerika Serikat dari akhir abad ke-20 yang sering berperan sebagai badut. Ia mengaku sebagai Ronald McDonald yang "asli". Kliping surat kabar lokal Valley News (surat kabar San Fernando Valley) mengenali George Voorhis sebagai "Ronald McDonald" di "restoran McDonald's setempat". Menurut pengakuan George Voorhis dan Terry Teene, mereka berdua pada awal tahun 1963, menciptakan tokoh asli dan mendesain badut Ronald McDonald yang telah menjadi ikon periklanan Amerika Serikat. Keduanya juga merancang kostum yang dilengkapi kantong "French-fry bag pockets" dan gambar raut muka Ronald McDonald untuk sebuah penampilan yang dibayar di restoran lokal McDonald's di Los Angeles, California.

McDonald's tidak menyebut soal Voorhis atau klaim Willard Scott "menciptakan Ronald" dalam pernyataan berikut, “Senyumnya dikenal di seluruh dunia", Ronald McDonald berada di urutan kedua setelah Sinterklas dalam soal dikenali [anak-anak]. (Menurut sebuah survei, 96% dari semua anak-anak sekolah di Amerika Serikat mengenali Ronald (stunning-stuff.com)). Dalam iklan televisi pertama McDonald's pada tahun 1963, badut gembira tersebut memang diperankan oleh Willard Scott”.


Selanjutnya pada 28 Maret 2000, Henry Gonzalez, Presiden Divisi Northeast McDonald's berterima kasih kepada Scott untuk jasanya menciptakan tokoh Ronald McDonald dalam tribut yang direkam untuk Scott dalam acara Today Show.


2. Keuntungan dari usaha franchise bagi pemilik

1. Tidak perlu memikirkan konsep bisnie, karnakKonsep bisnisnya sudah jelas dan dibantu dengan adanya Pelatihan sehingga bisnis berjalan sesuai dengan konsep atau sesaui dengan produk utama.
2. Hanya Menjalankan konsep bisnis yang sudah jalan dan dikenal oleh masyarakat
3. Kontrol bisnis sudah dibantu oleh system
4. Bisa konsultasi dengan penyedia waralaba setiap kendala yang diahadapi di lapangan
5. Tidak perlu memikirkan bagaimana mengembangkan bisnis karna pengembangan bisnis sudah dipikirkan juga oleh penyedia waralaba

3. Dampak positif dan negative dari perusahaan bagi perkembangan ekonomi Indonesia

Dampak yang ditimbulkan juga bermacam-macam, namun yang pasti dampak yang muncul yaitu dampak positif & dampak negatif. Dampak positifnya masyarakat lebih dipermudah untuk berbelanja segala keperluannya dengan harga yang terjangkau dengan jarak yang dekat & bisa menambah lowongan pekerjaan baru bagi wagra sekitar. Namun dampak negatifnya banyak para pedagang kecil yang "gulung tikar" karena usahanya tidak laku akibat dari kalah bersaing dengan perusahaan waralaba tersebut. Namun demikian semua hal itu kembalikan pada diri kita masing-masing, karena pada akhirnya hanya mereka yang "berkantong tebal" yang bisa memenangkan kasus ini & masyarakat yang lemah akan selalu menjadi korbannya.



Sumber:



Tulisan 1

Cara membangun perusahaan ada 3
1. Membeli perusahaan yang telah dibangun
Banyak alasan mengapa sesorang memilih membeli perusahaan yang sudah ada dari pada mendirikan atau merintis usaha baru, antara lain
-  resiko lebih rendah
-  lebih mudah
-  memiliki peluang  untuk membeli dengan harga yang bisa ditawar.
Beberapa permasalahan yg mungkin terjadi:
  1. Masalah eksternal yaitu lingkungan misalnya :
-  banyaknya pesaing
            -  ukuran peluang pasar
  1. Masalah internal
misalnya :
            -  image
            -  masalah karyawan dg manajemen
            -  masalah lokasi dan masa depan
Menurut Zimerer 4 hal untuk menganalisa perusahaan yang akan dibeli :
  1. Alasan pemilik menjual perusahaan
  2. Potensi produk dan jasa yang dihasilkan
  3. Aspek legal yang dimiliki perusahaan
  4. Kondisi keuangan perusahaan yang akan dijual  
 
Contoh :
1. Perusahaan Columbia Records di beli oleh SONY Corporatiaon
2. Yahoo membeli perusahaan layanan web mobile asal Indonesia yaitu koprol.com
3. tahun 1999 BDN (Bank Dagang Indonesia) membeli Bank Susila Bakti  

2. Memulai perusahaan baru

Banyak sekali yang harus dipersiapkan dalam membangun perusahaan, dari mulai menentukan tempat yang stategis, membangun gedung, menentukan siapa yang akan menjalankannya, sampai menyeleksimenyeleksi para pegawai. Jika ingin membangun perusahaan, kita harus bisa menentukan perusahaan apa yang akan di bangun, bergerak dalam bidang jasa atau barang, tujuan dibuatnya perusahaan itu sendiri, dan tidak lupa perincian biaya yang sebelumnya harus kita ketahui dan persiapkan.
Setelah itu sebagai calon pengusaha, Anda perlu melakukan studi kelayakan bila akan mendirikan usaha kecil. Tindakan ini berkaitan dengan mempelajari berbagai hal tentang usaha tersebut, kemudian menyusun rencana, mengumpulkan data dan menganalisisnya. Setelah itu baru memutuskan untuk merealisasikannya dengan mendirikan atau membatalkan usaha tersebut.
Membuat perusahaan juga harus memiliki :
·  Akta Pendirian Perusahaan dari Notaris
·  Surat Keterangan Domisili Perusahaan
·  NPWP – Nomor Pokok Wajib Pajak
·  Pengesahan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
·  SIUP – Surat Izin Usaha Perdagangan termasuk Inspeksi
·  TDP – Tanda Daftar Perusahaan

3. Membeli hak lsensi (waralaba)

Waralaba adalah bentuk kerjasama dimana pemberi waralaba (franchisor) memberikan ijjin/hak kepada penerima waralaba (franchisee) untuk menggunakan hak intelektualnya seperti nama, merek dagang, produk /jasa, sistem operasi usahanya dalam jangka waktu tertentu. Sebagai timbal balik, penerima waralaba (franchisee) membayar suatu jumlah teretentu serta mengikuti sistem yang ditetapkan franchisor. 
Menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Waralaba merupakan sistem keterkaitan usaha vertikal antara pemilik paten yang menciptakan paket teknologi bisnis (franchisor) dengan penerima hak pengelolaan operasional bisnis (franchisee). Jadi sesungguhnya waralaba dapat dikatakan sebagai teknik menjualn “Sukses” dari usaha yang sudah berhasil.
Bisnis waralaba dicirikan dengan adanya :
-          Franchistor yang menawarkan paket usaha.
-          Franchisee yang memiliki unit usaha (outlet) yang memanfaatkan paket usaha milik franchisor.
-          Ada kerjasama antara franchisor dan franchisee dalam hal pengelolaan unit usaha.
-          Ada kontak tertulis yang mengatur kerjasama.
             Hubungan kerjasama antara franchisor dan francisee merupakan aspek yang sangat kritikal dalam waralaba. Sukses keduanya tergantung kepada sinerji dari hubunga kedua belah pihak tersebut.
Contoh:
1. PDO donat kentang
2. Bakmi gila
3. McDonald's Corporation



 
Sumber